Jumat, 23 Januari 2009

Istilah-istilah Dalam Dunia Komputer

Istilah-istilah Dalam Dunia Komputer

Adapter

Kad rangkaian atau kad interface dalam komputer PC yang dapat digunakan sebagai penghubung ke alat periferal.

Algorithm

Secara umum, sebarang kumpulan instruksi yang dapat dilaksanakan untuk suatu tugas khusus. Pada bidang komputer dapat secara eksplisit disendi menjadi kumpulan instruksi dalam bahasa komputer yang memanipulasi suatu jenis data.

ANSI.SYS

Device driver yang dapat diinstalasi, tersedia bagi pengguna komputer MS-DOS yang memungkinkan penggunaan instruksi ANSI (Urutan escape) untuk mengendalikan konsul (layar dan keyboard).



Arc

Extensi/Sambungan suatu nama fail yang dikompres dengan memakai program ARC lainnya untuk menjimatkan ruang.



Batch

Sekelompok dokumen atau record data yang diproses sebagai satu kesatuan.

Batch Processing

Berlangsungnya batch fail pada mikro komputer dan suatu simpanan 'batch' instruksi (pentunjuk) sistem operasi yang dilaksanakan satu demi satu tanpa interupsi (gangguan) pengguna.

Benchmark

Jenis pengujian untuk mengukur taraf kerja hardware atau software.

Bit map

Suatu bit image, khususnya struktur data yang menyatakan bit image yang ada pada memori, yang mewakili suatu gambar yang akan ditampilkan pada layar.

Bit/ Binary Digit

Pada pemrosesan atau penyimpanan data, bit merupakan satuan informasi terkecil yang ditangani komputer dan secara fizikal diwakili oleh suatu aksara tunggal yang disalurkan ke media.

CAD/ Computer Aided Design

Istilah yang diaplikasikan untuk program-program yang digunakan dalam perancangan perekaan, arkitektur dan model-model ilmiah mulai dari alat-alat sederhana sampai gedung, kapal terbang dan lain-lain.

CAM/ Computer Aided Manufacturing

Istilah yang menjelaskan penggunaan komputer dalam manufaktur sebuah produk. Sebuah produk diselesaikan ke dalam satu kumpulan instruksi yang dapat ditransmisikan ke dan digunakan oleh mesin-mesin khusus untuk industri.

Cache Memory

Sebuah subsistem memori khusus ke tempat mana nilai-nilai data seringkali digunakan ganda untuk akses cepat. Cache memory menyimpan isi lokasi RAM yang sering diakses dan merupakan alamat penyimpanan item data. Atau dengan kata lain tempat penyimpanan sementara di memori komputer yang digunakan untuk menduplikasikan agar akses lebih cepat.

Card

Istilah umum yang digunakan untuk papan rangkaian tercetak (PCB) yang dapat dipasang di dalam komputer untuk menyediakan fungsi tambahan atau kemampuan baru.

Capture

Dalam komunikasi, proses pengiriman dan penerimaan data (grafik) ke dalam sebuah fail untuk digunakan lebih lanjut (pengarsipan atau analisis lebih lanjut).

CD-I

Kependekan dari compact disc-interactive, sebuah piawaian hardware dan software dalam bentuk CD (Compact Disc) yang dapat mengkombinasikan audio, video dan teks pada CD berkapasiti tinggi.

CD-ROM

CD-Read Only Memory media penyimpanan dengan kapasiti tinggi (sekitar 600 MB) yang memakai laser optik untuk membaca data.

CD ROM/ Compact Disc-Read Only Memory

Bentuk penyimpanan dengan kapasiti tinggi (sekitar 600 megabyte) dan penggunaan laser optic, bukan magnetik, untuk membaca data.

Chip

Kepingan silikon yang sangat kecil dan menakjubkan, tempat memasang seluruh litar elektronik yang terpadu.

Computer Graphics Interface/ CGI

Piawaian peringkat lunak yang diterapkan pada peralatan grafik komputer, seperti printer dan plotter.

Complier

Sebarang program yang mengubah kumpulan simbol ke kumpulan lain dengan mengikuti sintaksis, atau sebuah program yang menerjemahkan seluruh kod sumber suatu program, yang ditulis dalam bahasa program tingkat tinggi ke dalam kod objek sebelum program dieksekusi.

Crash

Kegagalan secara tiba-tiba, biasanya digunakan untuk menjelaskan kegagalan sebuah program atau peripheral seperti penggerak disk, harddisk, dan sebagainya.

CRT/ Cathode Ray Tube

Merupakan asas atau nama teknik dari layar televisyen atau layar tampilan sebuah mikrokomputer.

Config.sys

Sebuah fail teks khusus yang mengendalikan aspek perilaku sistem operasi dalam komputer PC.

Tidak ada komentar: